7 Puncak Tertinggi di Indonesia (Seven Summits of Indonesia)

Indonesia mempunyaI puncak tertingginya sendiri yang sering disebut The Seven Summits of Indonesia. Puncak2 tertinggi ini diambil dari 7 pulau/kepulauan utama Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawawesi, NusaTengga/Bali, Maluku, dan terakhir Papua.



  • Papua, Puncak Carstensz (Puncak Jaya), Pegunugan Jayawijaya (4.884mdpl)
Puncak Carstensz termasuk dalam kawasan Pegunungan Jaya Wijaya diprovinsi Papua. Selain sebagai puncak tertinggi di Indonesia, Puncak Carstensz juga termasuk seven summit dari 7 Benua di Dunia. Di kawasan Pegunungan Jayawijaya banyak sekali keunikan alam, salah satunya yang terkenal adalah terdapatnya hamparan salju abadi.
Rute normal pendakian Cartenzs bisa dimulai dari desa Ilaga.


  • Sumatera. Puncak Indrapura, Gunung Kerinci (3.805mdpl)
Puncak tertinggi dipulau Sumatra adalah Puncak Indrapura, Puncak Gunung Kerinci, Provinsi Jambi (kampung gue lhoo !!! ank jambi !!!). Gunung Kerinci adalah Gunung tertinggi di Indonesia, dan tidak bisa dibandingkan dengan Carstensz/Puncak Jaya, karna Carstensz terletak dikawasan pegunungan , bukan Gunung. Tetapi bila di lihat dari kategori "Puncak", Puncak Indrapura memang tertinggi kedua setelah Puncak jaya.
untuk lebih lengkapnya lo bisa liat di disini.


  • Nusa Tenggara/Bali. Puncak Gunung Rinjani (3.726mdpl)
Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua setelah Kerinci. Gunung Rinjani sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Dipuncak gunung Rinjani kita bisa melihat Kaldehera yang sangat besar dengan Segara Anak dan gunung kecil (Gunung Baru) ditengahnya. Di danau Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair. Selain itu juga terdapat kolam air panas, yang merupakan kolam air panas tertinggi di Indonesia.
Menuju Puncak gunung Rinjani bisa ditempuh dari Pintu Senaru(600mdpl) dan pintu Sembalun(1.150mdpl).


  • Jawa. Puncak Mahameru, Gunung Semeru (3.676mdpl)
Gunung semeru yang terkenal dengan puncak Mahamerunya adalah gunung tertinggi ketiga setelah Kerinci dan Rinjani, dengan puncaknya Mahameru. Gunung Semeru berada di wilayah kabupaten Malang dan Lumajang , Jawa Timur. Selama dalam pendakian banyak spot menarik yang bisa kita temui. diantaranya Ranu Kumbolo(2.400mndpl), padang rumput Oro-oro Ombo yang dikelilingi oleh bukit yang sangat indah, Hutan cemara yang dinamai Cemoro Kandang. Arco podo(2.900mdpl), terdapat Arca kembar.
Gunung Semeru masih sering mengeluarkan gas beracun (Wedus Gembel), karna itu para pendaki disarankan untuk menuju puncak pada tengah malam dan turun kembali tidak lebih dari jam 10 pagi. Karna siang hari angin cenderung mengarah ke utara menuju Puncak yang membawa gas beracun dari kawah Jonggring Saloka.


  • Sulawesi. Puncak Rante Mario, Gunung Latimojong (3.478mdpl)
Gunung latimojong terletak di kabupaten Enrekang, prov.Sulawesi Selatan. Gunung Latimojong mempunyai tujuh Puncak yang membujur teratur ;

  1. Buntu sinaji (2.430mdpl)
  2. Buntu sikolong (2.754mdpl)
  3. Buntu Rante Kambola (3.083mdpl)
  4. Buntu Rante Mario (3.430)
  5. Buntu Nenemori (3.097mdpl)
  6. Buntu Bajaja (2.700mdpl)
  7. Buntu Latimojong (2.800mdpl)
Akses pendakian Gunung Latimojong dimulai dari kecamatan Baraka. Puncak Rante Mario adalah puncak tertinggi Gunung Latimojong, yang ditumbuhi hutan vegetasi alam. Puncak Nenemori juga ga kalah menarik, didominasi dengan pohon tinggi besar dan jika beruntung pendaki bisa menemui anoa, hewan khas Sulawesi.


  • kep. Maluku. Puncak Gunung Binaiya (3.027mddpl)
Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi dikepulauan Maluku, tepatnya di pulau Seram, terletak di kabupaten Maluku Tengah, Prov. Maluku. Titik awal melakukan pendakian adalah di (0 mdpl). Gunung Binaiya terletak di wilayah Pedalaman, sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisata nyaris tidak ada. Namun para pendaki bisa memanfaatkan rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap.


  • Kalimantan. Gunung Bukit Raya (2.278mdpl)
Gunung Bukit Raya terletak di kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah dan bukan merupakan gunung Berapi. Gunung tertinggi di kalimantan ini (Kawasan Indonesia) termasuk dalam kawasan pegunungan Muller Schwaner. Diambil dari taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, kawasan ini mempunyai beberapa puncak, antaranya puncak Bukit Baka(1.617mdpl), Puncak Gunung Bukit Raya (2.278mdpl), Puncak Gunung Bukit Asing (1.750mdpl), Bukit melabanbun (1.850mdpl), Bukit Panjing (1.620mdpl), Bukit panjake (1.450mdpl), dan Bukit Lesung (1.600mdpl).Untuk rute pendakian dapat dimulai dari Nanga Popai, kalimantan Barat.


Gunung apa aja yang sudah lo daki? dan gunung mana lagi yang pengen lo daki? apa lo lagi dalam misi seven summits of Indonesia???
mudah2an posting gue ini bisa berguna buat2 lo yang pengen naklukin seven summits of Indonesia.

Foto untuk seven summit of Indonesia :
Puncak Carstensz (Puncak Jaya)
Gunung Kerinci, Foto: Wikipedia
Gunung Rinjani
Foto gue sendiri,, hahahaha .. ..
Gunung Latimojong
Gunung Binaiya
Gunung Bukit Raya
Sumber : id.wikipedia.org berbagai sumber
Share this article :

Poskan Komentar