Backpacker Keluar Negeri



Ahhhhhh ini tips yang braantakan mungkin dari gue,, knp? karna ini tips sebenarnya buat gue sendiri. karna berhubung dalam waktu dekat ini gue mau mlancong ke luar, jadi selain buat berbagi, ini gue buat juga untuk catetan gue nanti :)
dan yang terpenting ini adalah tips dari smua catatan yang gue buat untuk persiapan gue, bukan karangan!emosi gue jadinya o_0

Nahh apa aja yang harus lo siapin untuk backpackeran ke luar negri??? 

  • Yang pertama lo harus cari tiket promo penerbangan. kenapa promo, karna dengan mendapatkan tiket yang relatif murah, kita bisa menekan budget trip kita dari awal. Dan sebaiknya carilah jauh2 hari sebelum rencana keberangkatan. untuk caranya lo bisa liat di postingan gue disini .


  • Yang kedua menentukan tujuan. ini penting untuk memperhitungan budget dan komunikasi dengan penduduk lokal. Setelah lo sudah mempunyai tujuan barulah mencari segala info tentang situasi disana, rajin2lah kluar masuk forum2 backpacker untuk menanyakan pengalaman2 dari backpacker lain.



Point 1 dan 2 mempunyai keterkaitan menurut gue. lo bisa ganti keduanya, karna kebutuhan otak juga beda2 :D
ada yang mencari tiket murah dengan beberapa destinasi terlebih dahulu, baru mencari informasi tempat tujuan. ada juga yang sudah mempunyai tujuan dari awal, dan kerja keras, begadang, online 24jam, banting tulang sampai membakar diri untuk mendapatkan tiket murah sesuai destinasi yang sudah ditentuin.

  • Yang ketiga rajin2 buka web seperti Tripadvisor untuk lebih memahami lagi tempat2 yang bisa lo datengin. Catat juga akomodasi, jarak tempuh dan biaya untuk menuju ketempatnya.


  • keempat carilah penginapan sebelum keberangkatan, atau booking online dari situs2 penyedia seperti agoda , booking , Hostelword , dll pertimbangkan harga dimasing2 penyedia booking online, jangan terpaku dengan satu situs aja. pilih lokasi hotel yang tidak jauh dari Bandara atau terminal bus untuk mempermudah gerak kita. Bila penyedia booking online mengharuskan melakukan pembayaran menggunakan cc dan lo ga punya, sebaiknya lo cari jasa pembayaran melalui forum2 seperti kaskus, disitu banyak banget, jadi lo juga harus pilih yang paling terpercaya.

  • kelima perhitungkan pengeluaran di negara tujuan,mulai biaya penginapan, makan, transport selama disana, dan pastikan lo siapin dana cadangan untuk jaga2.


  • keenam siapkan dokumen wajib untuk perjalanan seperti passport, jika lo belum mempunyai passport lo bisa mengurus di kantor imigrasi terdekat atau di bioskop2 kesayangan di kota anda :D. Visa atau VOA, sebelum memilih destinasi lo juga harus mengetahui negara yang akan dikunjungi mewajibkan atau tidak mempunyai visa atau voa. visa diurus dikedutaan negara yang akan dituju, sedangkan voa (visa on arrival) bisa diurus dibandara negara yg lo tuju.

  • 07. siapkan perlengkapan selama lo disana, jangan bawa barang berlebihan, dan perhitungkan bagasi bawaan kalau lo bawa tas yang lumayan besar. bawalah tas kecil untuk menyimpan dokumen2 penting, buku dan alat tulis selama diperjalanan. Siapakan juga mata uang negara tujuan atau dengan mata uang dollar, lo bisa tukar sebelum keberangkatan di Bank atau apotek terdekat.


  • Sesampainya di Bandara tujuan, ambillah peta yang disediakan. kasih senyum termanis lo selama di negara orang, bicaralah dengan mulut, dan berjalanlah dengan kaki!!!


okeh gitu aja lah ya... yang terpenting menurut gue sih lo harus cari sebanyak2nya info tentang tempat tujuan lo, good luck!!

Untuk negara2 yang bebas visa bisa di liat disini .



Share this article :

Posting Komentar