Tips mendaki gunung untuk pemula


Ini gue buat atas dasar pengalaman pribadi gue, jadi sebelum lo baca sebaiknya lo pikirkan dulu kalau gue ini "kurang" -_- tapi jangan kawatir, ini tips gue buat dengan beberapa catatan yang gue buat sebelumnya, jadi ini benar2 sudah di uji keakuratannya#ciiih

Sebenarnya ga banyak yg harus lo siapin, tapi sebaiknya lo juga harus tau apa aja yang seharusnya dipersiapkan untuk menjadi pendaki gunung pemula kyak gue. Jadi bruntunglah kalian yang baca Tips dari gue ini o_0
karna ini smua atas dasar kesuksesan gue yg akhirnya bisa nginjakin kaki di Mahameru dan ketololan2 gue yang menganggap enteng kegiatan ini.

Yang pertama
Sebaiknya lo harus mengenal dulu lokasi pendakian atau gunung yang akan lo daki. Caranya dengan browsing atau cari wangsit. lo catetin smua kondisi yang kira2 lo akan hadapin disana, mulai dari cuaca sampai apakah disana ada yang jualan nasi uduk. Nahh kalau lo udah ngerti atau udah ada bayangan keadaan disana seperti apa,kita lanjut,,

Yang kedua
Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan!!!
ini penting, bahkan menurut gue ini point yang terpenting. lo ga bakal bisa nyaman apabila lo ga bawa segala perlengkapan yang wajib, maupun yang ga wajib.
item item yang seharusnya lo benar2 siapin ;

1.     sleeping bag, jangan pernah berpikir kalau lo digunung bakal bisa tidur dengan udara hangat#ngok!!!dan jangan menganggap remeh kalau sleeping bag bisa lo ganti dengan sarung. cari lah sleeping bag yang bahannya bisa menghangatkan badan.
2.     jaket dan sweater, liat baik2, gue nulis "jaket DAN sweater" jadi lo harus bawa dua2nya. kalau bisa bawa jaket yang mempunyai lapisan dalam untuk menghangatkan tubuh dan lapisan luar yang bisa menghalangi air menembus kedalam. Sweater ini juga penting, bisa digunakan untuk mengganti jaket atau menjadi lapisan dalam sebelum lo pake jaket.
3.     sepatu gunung/hiking dan sendal gunung. Sebenarnya untuk sepatu tergantung selera, yang terpenting itu adalah lo bawa sepatu untuk outdoor, bukan sepatu untuk ke mall.atau sebagai ganti lo bisa bawa sepatu boot o_0 Sendal Gunung ini ga kalah penting juga, kalau suatu waktu jari kaki lo luka atau sakit karna memakai sepatu, lo bisa ganti dengan menggunakan sendal gunung.
4.     jas hujan/raincoat. jangan bingung2 untuk jenis jas hujan yang akan lo bawa, yang penting bisa melindungi lo dari hujan, asalkan jangan bawa payung!
5.     Ransel/Carrier. ini lah pentingnya lo mengenal lokasi pendakian sebelum lo mendaki. jadi lo bisa memperhitung barang2 bawaan apa aja yang wajib lo bawa, dan lo tau ukuran ransel yang sebaiknya lo gendong. gue saranin bawalah carrier yang dilengkapin dengan jet, jadi sewaktu2 lo kecapean lo bisa gunain tuh jet buat terbang.
6.     Tenda dan Matras. naaah untuk tenda lo bisa sewa atau pinjam ke temen yang biasa ngelakuin kegiatan outdoor.saran gue kalau lo punya uang lebih, sebaiknya lo beli tenda yang ga terlalu mahal, tp juga pas buat naik gunung, dari pengalaman gue, gue sendiri nyari tenda yang murah2 aja, tapi ukuran tingginya ga lebih dari 1meter. karna tenda yang baik untuk digunung emang tenda yang ukuran tingginya kurang dari 1meter.Matras berguna buat lapisan lo tidur di dalem tenda, gunanya buat pelapis antara tanah dan badan lo, jadi carilah bahan yang bisa menahan air ataupun dinginnya rerumputan.
7.     perlengkapan masak dan makan. jujur gue waktu itu cuma bawa kotak makan anak TK, sendok pun gue ga bawa(jgn di contoh). bawalah perlengkapan ini yang tidak memakan tempat didalam ransel lo, dan bawalah piring atau gelas berbahan plastik atau alumunium. 
8.     Obat. buat lo yang sering sakit, terlebih pusing atau maag ini wajib lo bawa, serta obat2 luka ataupun perban.
9.     JERIGEN. kenapa gue capslock??? soalnya gue pernah anggap remeh tuh barang.lagian gue ngerasa lucu aja bawa2 jerigen. bawalah jerigen minimal 5liter, atau lo ngerasa badan lo kuat bawalah jerigen 20/40liter, bisa juga lo bawa tandon air 200liter
10. kupluk/topi, kaos kaki, masker, earpack,


Yang ketiga
Olahraga sebulan sebelum pendakian, saran gue lo bisa lari 3-4km sampe ngerasa betis lo copot! ini gue ga becanda, lo bisa bilang klu ini saran gue yang paling bener dari smuanya :D

Yang keempat
puasa atau belajar makan 1x sehari. ini penting buat ngelatih lo nahan lapar.jangan berharap lo bisa beli nasi uduk diatas, atau lo bisa delivery hokben, atau lo nemuin tukang bubur. dan sebaiknya lo lakuin sampai hari H lo mendaki.

Yang kelima
Sebelum lo naik, buatlah surat wasiat jika terjadi sesuatu dengan lo diatas#nyengir


Okehh segitu aja lah Tips dari gue, semoga lo bisa jadi diri lo sendiri saat digunung nanti, jangan merasa lo hebat selama dalam pendakian, tundukin aja kepala lo, karna kalau lo terus2an mengangkat kepala, gue khawatir lo kesandung...

Share this article :

Posting Komentar